02 November, 2015

Pengalaman sebagai Job Seeker PART 2 "Interview Di Tokopedia"

hai hai hai, oke mari lanjut ke bagian 2 ya haha.

sebenarnya setelah interview dari sinarmas insurance ada 2 perusahaan yang undang gue untuk proses recruitment, yang pertama itu dari PT. Xsis Mitra Utama untuk dateng interview dan psikotes untuk bagian C# .Net Dev cuma gue ga datengin karena setelah gue pikir pikir gue ragu sama kemampuan gue masalahnya ada di penggunaan Bahasa C# karena gue belum pernah nyoba C# di Visual Studio dan gue cenderung Bahasa C# untuk Game Engine seperti Unity 3D Otomatis Library nya beda total dong kan dan perusahaan yang kedua di PT. Alam Teknik Semesta untuk posisi IT Support cuma yang ini sedikit lucu karena saat gue dihubungin , dia cuma bilang suruh dateng aja besok jam 8 pagi , saat gue tanya "interview sama psikotes ya mba besok?" dia jawab "dateng aja mas besok jam 8 pagi ya, kita tunggu kedatangan mas." pada akhirnya gue ga dateng haha , lagi kurang jelas informasinya dan gue merasa tidak dihargai sebagai job seeker karena gue punya hak kan untuk menanyakan akan hal itu tapi jawaban mba-nya bikin gue rapuh (apaansih :DD).


mungkin kesempatan itu memang dateng dari arah mana aja ya, kemudian di hari dimana gue ga datengin kesempatan yang diberikan kedua perusahaan tersebut, pada akhirnya dateng kesempatan berikutnya yaitu gue mendapatkan email undangan Online Test untuk posisi Quality Assurance dan waktu expirednya 7 hari dari hari gue menerima email nya. di hari ke 5 gue baru  memberanikan diri menjawab pertanyaan online test nya hahaha.

jadi online test nya itu ada 8 atau 6 soal gitu gue lupa , semua pertanyaan dalam Bahasa inggris secara tidak langsung yang buat online test minta kita menjawabnya menggunakan Bahasa inggris. karena gue melamar untuk posisi QA jadi pertanyaannya seputar automation tool , membuat test case, contoh kasus logika, dan pengetahuan seputar dunia QA.

Alhamdulillah dapet undangan interview ke Tokopedia buat tanggal 5 September 2015. Pada Hari H nya datanglah gue ke kantornya dan kantornya sedikit meniru kantor google lah ya semacam kantornya kaskus juga, cuma gue jatuh cinta banget sama interiornya yang penuh warna hijau daun sangat memanjakan mata gue sebagai warna favorit gue haha.


Kemudian Interview pun dimulai, cuma gue gak bisa menjabarkan percakapan gue soalnya ini termasuk interview terlama yang pernah gue lakukan sekitar satu jam meskipun ya ga selama kalo diinterview di KPK bahaha.

Point point percakapannya sih kaya dibawah ini;

  • Silahkan perkenalkan diri kamu!?
  • Kenapa kamu melamar kesini dan kamu tahu apa tentang QA?
  • Lingkungan seperti apa sih yang kamu inginkan untuk bekerja?
*note sampai disini pertanyaan udah mulai masuk nih pertanyaan jebakan haha karena jawaban yang gue sampaikan selalu dibuat pertanyaan berikutnya lagi disini mental lu diuji banget deh, sampai pada akhirnya pertanyaan logika dimulai*
  • kalau misalkan ada 6 singa memangsa 6 kijang membutuhkan 6 menit berarti ada berapa singa kira kira kalau ada ada 60 kijang dan waktu 60 menit?
  • kamu lebih pilih jam kerja A , B atau C? (mereka jabarin tuh jam kerja a, b dan c) *nah ga paham juga sih kenapa pertanyaan ini keluar karena jawabannya tergantung sudut pandang orang masing masing*
dan gue disuruh mengerjakan test case untuk form login tokopedia yang gue kerjakan waktu online test lagi cuma entah kenapa gue blank banget bahkan gue lupa test case tuh yang mana dodol banget kan ckck akhirnya yang gue buat malah flowchart (plis jangan tawain gue). kata interviewernya sih gpp dan bener yang gue buat cuma emang itu flowchart bukan test case *dalem hati gue sih yah udah deh hilang kesempatan gue kerja di tokopedia* .

akhirnya gue disuruh tunggu diruang tunggu untuk interview sama user cuma perasaan gue udah gak enak saat kedua interviewer itu keluar dan lewat persis di depan gue yang lagi nunggu diruang tunggu deket bagian frontliner, gue sih senyumin mereka sebagai rasa hormat ,mereka lihat sih saat gue senyum cuma langsung buang muka haha mungkin dikira maho kali gue ya haha. disaat itu gue liat melihat mereka ke bagian frontliner dan ngomong sesuatu gitu akhirnya kedua interviewer keluar kantor dan si frontliner langsung bilang ke gue disuruh nunggu nanti diemail lagi karena usernya lagi gak di kantor, abang frontlinernya sih bilang 2 minggu, dan udah lebih 2 minggu gak ada kabar gue pun udah gak banyak berharap lagi dan sepertinya gue tau dimana kesalahan gue.

yang pertama gue terlalu gugup menjawab pertanyaan mereka dan kadang blank beberapa detik.
yang kedua gue gagal dalam membuat test case karena kurang persiapan hari sebelumnya.
yang ketiga hp gw bunyi karena babeh nelpon disaat gw lagi interview haha.

itu aja semoga cerita gue bisa jadi bahan persiapan yang mau interview ya haha, siapkan mental,pengetahuan dan jangan mau di setir sama interviewer.

tunggu Part 3 , Part 4 dan Part 5 nya ya hahaha.

2 komentar:

  1. lanjutkan gan.. jgn patas semangat. lama2 juga dapet. hahaha

    Download film engsub

    BalasHapus
  2. Guys, buat yang penasaran tentang gimana sih workplace di tokopedia, bisa visit link ini:

    http://nakaped.blogspot.co.id/

    Good Luck ya guys!

    BalasHapus