27 Oktober, 2015

Pengalaman sebagai Job Seeker PART 1

hi there! it's been long time no posting on this blog. so this time i'm gonna tell you how hard it is being job seeker haha.

jadi, waktu bulan juli akhir tahun 2015 adalah bulan dimana gue mulai membuat akun di sejumlah web penyedia loker dan cv. sekitar bulan agustus 2015 gue udah mulai menebar nebar cv gue tuh ke berbagai perusahaan haha padahal waktu bulan itu gue masih sibuk urus skripsi. akhirnya skripsi udah selesai terus tinggal nunggu pengumuman rekomendasi maju sidang di web jurusan dan singkat cerita nama gue muncul deh daftar sidang lah gue dan akhirnya gue maju sidang tanggal 12 september 2015.


tanggal 28 agustus 2015 alhamdulillah dapet panggilan interview di sinarmas insurance lokasi di roxy square, gue lamar sebagai java developer sebenernya juga gue ga jago jago amet coding cuma ilmu coding gue ga bisa out of the box haha, sebelum interview disuruh ngerjain soal berbau coding 30 soal dan 20 soal berbau psikotes di kasih waktu SATU jam weeew gak tuh haha, gue isi sebisa gue pada akhirnya dan interview pun dimulai seperti inilah percakapan gue;
G  =gue
I1 =Interviewer 1
I2 = Interviewer 2

I1 = "Ya silahkan perkenalkan diri anda terlebih dahulu"
G  = "Saya reza , saya dari Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi, pernah membuat aplikasi augmented reality berbasis android dan sedang mengerjakan skripsi dengan membuat game horor sederhana"
I1 = " kenapa kamu skripsi bikin game?"
G  = "kan hobbi saya suka design pak dan senang buat 3D design dan illustrator pak jadi kenapa engga saya gabungkan seni dan teknologi"
I1 = " berarti kamu gak cocok dong kerja disini kan disini lebih ke bisnis programming , kenapa kamu gak ambil jurusan multimedia? "
G  = " *kaget coy dia bilang gitu* karena ini pilihan saya pak"
I2 = " oke kalo gitu apa yang kamu ketahui object, class pada programming?"
G = " * gue jelasin deh tuh *"
I1 = " kamu tau apa itu primary key, alternate key sama foreign key?"
G = " *gue jawab lagi deh tuh mumpung masih anget tuh ilmu di otak haha*"
I1 = " kamu kalo disuruh pilih pilih mana 3D design atau programming?"
G = " saya rasa programming pak *dalam hati gue sih sebenernya 3d design wkwk*"
I2 = "kenapa?"
G = " karena dengan programming kita bisa membuat sesuatu yang bisa memudahkan pekerjaan manusia"
I1 = " kamu mau gaji berapa? "
G = " ya sekitar standar gaji FreshGraduates aja pak 3,5-3,8 "
I1 = " ada pertanyaan? "
G = " *gue bingung mau nanya apa saking groginya* prosesnya berapa lama ya pak?"
I1= "sekitar satu bulan lebih . kalo ga ada pertanyaan lagi tunggu email dari kita ya"
G = " baik pak terima kasih, selamat siang pak".

sekarang udah 2 bulanan belum ada kabar wkwk  emang perasaan gue pas keluar dari situ gue emang udah pesimis haha, gpp dapet pengalaman interview duluan.

next part 2 interview di tokopedia.

3 komentar:

  1. Share yg di tokopedia juga doooong
    Temen gue bilang, kalo di tokopedia buat yg developer ada tahap interview online juga. Gitu juga gak ja?

    BalasHapus
  2. wah sama banget kaya ane gan. ngelamar jadi programmer ga diterima-terima hahaha

    Wooclip movie

    BalasHapus