21 November, 2012

Tips apabila kucing anda sulit makan

kucing anda sulit makan mungkin kucing anda sedang sakit tenggorokan atau masalah pencernaan nah dari pengalaman saya memlihara kucing saya punya sedikit membangkitkan selera makan kucing anda, berikut tip-tip dari saya:




sebelumnya ketahui dulu kucing anda tidak mau makan karena ada masalah kesehatan atau bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, kalau masalah kesehatan lihat postingan berikutnya ya.

1. Pancing Nafsu Makan.
   Gunakan bau-bau yang mampu membangkitkan selera makan kucing anda misal air kaldu dan ayam mentah


2. Campur Makanan
    Seperti manusia, kucing pun bisa bosan terhadap makanan yang sama setiap hari. Beberapa makanan kucing komersial yang kering (berbentuk biskuit kecil) memang kurang memiliki bau dan rasa yang membangkitkan selera. Hal ini bisa dicoba diatasi dengan memberikan makanan basah atau makanan kalengan yang memang memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat. Bila kucing mau makan makanan basah tersebut, coba campurkan makanan kering dengan makanan basah. Makanan kalengan (basah) sebaiknya tidak diberikan setiap hari untuk jangka panjang karena selain nutrisinya tidak mencukupi juga dapat mempercepat pembentukan plak atau karang gigi.

3. Berikan Vitamin Atau Suplemen
   Beberapa suplemen atau vitamin dapat diberikan sebagai perangsang nafsu makan. Vitamin yang paling sederhana dan mudah di dapat biasanya vitamin B kompleks. Vitamin ini dapat diberikan dalam bentuk tablet atau sirup.
Suplemen lain yang dapat diberikan adalah asam amino lisin (Lysine). Selain dapat merangsang nafsu makan, lisin juga dapat mengganggu replikasi/perkembangan virus herpes penyebab penyakit Feline Rhinotracheitis (Flu Kucing).

sumber: beberapa artikel di google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar