27 September, 2013

Grafik Komputer dan Pengolahan citra

A.  PERBEDAAN GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

      Grafik Komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di semua jurusan berbasis Ilmu Komputer, Tapi saya juga belum yakin apakah ilmu ini dipelajari juga di jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer. 
         Adapun perbedaan Grafik komputer dan Pengolahan Citra adalah Grafik Komputer merupakan ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar dan berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar(visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian dikembangkan menjadi grafik komputer 3D , image processing, dan pattern recognition. Grafik Komputer juga sering disebut Visualisasi Data.

Bagian dari Grafik Komputer meliputi:


  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan sebuah bidang.
  • Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan.
  • Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan cahaya.
  • Imaging : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Jadi Grafik komputer;
  • Adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang pada gambar tersebut.
  • Merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata(realism).
  • Bertujuan menghasilkan gambar dengan primitif-primitif geometri seperti garis,lingkaran,dsb.
  • Primitif-primif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Data deskriptif: koordinat titik, panjang garis , jari-jari lingkaran,tebal garis, warna,dsb.
Sedangkan Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah dimengerti oleh manusia dan komputer. Pengelompokan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpretasi.
Citra ada 2 macam:
  • Citra Kontinyu, dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog, seperti mata manusia dan kamera analog.
  • Citra Diskrit/Citra Digital.

B.  MANFAAT DAN CONTOH GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA.

- Contoh dan Manfaat Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Bidang Hiburan, contohnya pada film maka akan menghasilkan efek animasi yang baik.
  2. Bidang Pendidikan, Contohnya mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata melalui power point atau software lainnya.
  3. Computer Art, penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya seni, dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak , desain interior/eksterior dsb. Biasanya sering digunakan untuk periklanan.
  4. Video Game, permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
    menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
    di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
    memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
    standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
    devices.
  5. Computer-Aided Design (CAD)
    CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
    khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
    mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
    tangga, dan berbagai produk lainnya.
  6. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
    CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
  7. Visualisasi Data Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
  8.  Virtual Reality
    Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
 - Contoh dan Manfaat Pengolahan Citra dalam kehidupan sehari-hari
  1.  Dalam Bidang Kesehatan, digunakan untuk rontgen manusia, dll.
  2.  Dalam bidang biologi, digunakan untuk mengenali kromosom dengan menggunakan gambar dari mikroskopis.
  3.  Bidang Visual, digunakan untuk menangkap gambar lewat satelit, GPS dan lain-lain.   
 Contoh aplikasi lainnya dalam kehidupan manusia;
- Pemetaan Topografis dan Geologis.
- Pemasangan dan Perencanaan Komunikasi.
- Pemetaan kondisi cuaca sekitar. 
- Oseanografi fisik, dsb.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar