Komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator
(sender) kepada komunikan (receiver) melalui media tertentu dan menyebabkan
respon. Komunikasiadalah salah satu fungsi dasar dari manajemen dalam
organisasi. Sedangkan Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk
mencapai tujuan tertentu. Jadi, Komunikasi dalam organisasi merupakan suatu
komunikasi atau proses untuk anggota menghimpun informasi yang berhubungan
dengan organisasinya dan merubah apa yang terjadi di dalamnya.Komunikasi dalam
suatu organisasi sangat penting supaya tidak terjadi kesalahan dalam
penyampaian informasi antar anggota suatu organisasi agar tercapainya tujuan
tertentu.
Sebuah interaksi yang bertujuan untuk menyatukan seluruh aspek kepentingan bersama sangat dibutuhkan dalam sebuah tujuan berorganisasi. Dengan kata lain, tanpa adanya sebuah interaksi yang baik di dalam sebuah organisasi tidak akan mencapai tujuannya. Interaksi disini adalah mutlak meliputi seluruh anggota organisasi yang dapat berupa penyampaian-penyampaian informasi, instruksi tugas kerja atau mungkin pembagian tugas kerja. Interaksi sebenarnya adalah proses hubungan komunikasi antara 2 orang atau lebih dimana orang yang satu bertindak sebagai pemberi informasi dan orang yang lain berperan sebagai penerima informasi. Intinya, korelasinya harus melibatkan dan terfokus kepada orang-orang itu sendiri dalam suatu organisasi.
Sebuah interaksi yang bertujuan untuk menyatukan seluruh aspek kepentingan bersama sangat dibutuhkan dalam sebuah tujuan berorganisasi. Dengan kata lain, tanpa adanya sebuah interaksi yang baik di dalam sebuah organisasi tidak akan mencapai tujuannya. Interaksi disini adalah mutlak meliputi seluruh anggota organisasi yang dapat berupa penyampaian-penyampaian informasi, instruksi tugas kerja atau mungkin pembagian tugas kerja. Interaksi sebenarnya adalah proses hubungan komunikasi antara 2 orang atau lebih dimana orang yang satu bertindak sebagai pemberi informasi dan orang yang lain berperan sebagai penerima informasi. Intinya, korelasinya harus melibatkan dan terfokus kepada orang-orang itu sendiri dalam suatu organisasi.
contoh permasalahan mengenai arti penting komunikasi
dalam Organisasi. Contohnya adalah Tawuran antar pelajar. Tawuran terjadi
karena tidak adanya komunikasi yang baik sehingga menimbulkan kesalahpahaman.
Banyak solusi untuk memecahkan masalah tawuran ini misalnya
peran penting orang tua dalam memberikan wejangan atau nasihat dan harus
merajut komunikasi yang baik antara sang anak dan orang tua, faktanya anak yang
kurang komunikasi di lingkungan keluarga lebih sering melakukan hal-hal yang
buruk. Jadi kalian tahu seberapa amat penting komunikasi dalam Organisasi
bahkan tidak hanya dalam berorganisasi tapi di setiap apa yang kita lakukan
komunikasi itu sangat penti karena kita adalah makhluk social.
Home
Tidak ada komentar:
Posting Komentar